Festival Indonesia

Dokan Arts Festival, Menikmati Seni Pertunjukan Berbasis Kultural




Dokan Arts Festival, Menikmati Seni Pertunjukan Berbasis Kultural


Analisadaily (Medan) - Dokan Arts Festival 2 akan diselenggarakan di Desa Budaya Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, 13-15 Mei 2016.
Dokan Arts Festival 2 merupakan lanjutan dari Dokan Arts Festival 1 yang pernah diselenggarakan pada Mei 2015 lalu. Festival ini akan menampilkan berbagai seni dan budaya karo yang dikolaborasi antara musik tradisional dengan musik modern.
Menurut Manager Program, Brevin Tarigan, Dokan Arts Festival merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap Desa Budaya Dokan dalam sisi pengembangan.
"Harapan kita Dokan Arts Festival 2 menjadi salah satu ruang pertunjukan bagi generasi  muda karo untuk lebih aktif dalam mempertahankan dan pengembangan seni budaya karo," ungkap Brevin Tariga di Medan, Selasa (10/5).
Berbagai macam jenis kegiatan akan ditampilkan untuk memeriahkan Dokan Arts Festival 2, termasuk bersih-bersih di Desa Dokan oleh Team Produksi Dokan Arts Festival bersama karang taruna dan masyarakat Dokan, Kamis (12/5).
Lalu keesokan harinya akan dilaksanakan seminar terbuka terkait kebudayaan karo di Dokan dengan narasumber Alimin Ginting (Ketua Badan Pengelolah Geopark Caldera Toba), perwakilan Pemkab Karo, budayawan dan tokoh agama di Kabupaten Karo.


   "Sementara untuk tanggal 14-15 Mei, akan diadakan berbagai perlombaan dan pertunjukan," jelas Manager Produksi, Erick Tarigan.
Beberapa karya terbaik yang akan ditampilkan di Dokan arts Festival 2 antara lain Victorhugo Hidalgo (Mesiko), Averiana Barus, Maharani br Tarigan, Antha Prima Ginting, Sapo Sora, Teater Rengget, Simalem Arts, Sanggar Mbuah Page Dokan, Pemutaran Film Rakut Sitelu, Suryati Perangin-angin, Ezra Deardo Poerba, Bhatoe Tharigan Entertaiment serta penampilan khusus dari masyarakat Dokan.
"Kegiatan ini dilaksanakan oleh Rumah Karya Indonesia, Sanggar Mbuah Page, Karang Taruna Dokan dan Masyarakat Dokan yang didukung oleh Pemkab Karo, Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Literasi Sumatera dan GBKP," kata Sekretaris Program, Ori Sembiring.
"Mari bersama-sama mengapresiasi kebudayaan kita dan semoga Dokan Arts Festival menjadi salah festival dalam bentuk seni pertunjukan cultural yang secara intens setiap tahun berlangsung di Desa Budaya Dokan. Kita berharap kegiatan ini akan mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara," harap Manager Program Rumah Karya Indonesia, Ojax Manalu.

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.