sepeda

Sepeda Onthel

Hasil gambar untuk sejarah sepeda onthelatau juga disebut sebagai sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal adalah sepeda standar dengan ban ukuran 28 inchi yang biasa digunakan oleh masyarakat perkotaan sampai tahun 1970-an. Sepeda onthel mengacu pada sepeda desain Belanda yang bercirikan posisi duduk tegak dan memiliki reputasi yang sangat kuat dan berkualitas tinggi
Hasil gambar untuk rem drum sepeda onthel
Karakteristik adalah rumah rantai tertutup. Dengan gigi yang tidak bisa diubah dan biasanya terdapat dinamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda ini juga dilengkapi Rem drum untuk pengereman

                                                   (humber)
Hasil gambar untuk sepeda onthel humberBerbagai macam merek sepeda onthel dari berbagai negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium terdapat misalnya merek Fongers, Gazelle dan Sunbeam. Kemudian pada segmen dibawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal antara lain seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Phillips dan NSU

Sejarah

Sepeda Onthel ini mulai banyak digunakan pada zaman Hindia Belanda . Kemudian pada tahun 1970-an keberadaan sepeda onthel mulai digeser oleh sepeda jengki yang berukuran lebih kompak baik dari ukuran tinggi maupun panjangnya dan tidak dibedakan desainnya untuk pengendara pria atau wanita. Waktu itu sepeda jengki yang cukup populer adalah merek Phoenix dari China. Selanjutnya, Sepeda jengki pada tahun 1980-an juga mulai tergeser oleh sepeda MTB sampai sekarang.https://cakrawalaindah.files.wordpress.com/2007/02/spb05.jpg?w=950

 Sepeda Onthel kemudian pada tahun 1970-an secara perlahan lebih banyak digunakan oleh masyarakat pedesaan dibanding diperkotaan. Namun pada akhirnya karena usia dan kelangkaan, sepeda onthel telah berubah menjadi barang antik dan unik. Mulailah situasi berbalik, sepeda onthel yang dulunya terbuang, sekarang pada tahun 2000-an justru diburu kembali oleh semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa sampai pejabat. Orang Jawa mengatakan inilah "wolak-waliking zaman". Keranjingan masyarakat terhadap sepeda onthel adalah tepat bersamaan dengan berkembangnya ancaman global warming
Hasil gambar untuk kosti onthel

Hasil gambar untuk kosti onthel

Kini banyak klub-klub dan komunitas sepeda kuno dari berbagai daerah di Indonesia, tersebar dari Sabang hingga Merauke yang jumlahnya ratusan komunitas, itupun hanya yang sempat terpantau dan terdaftar, belum lagi masih banyak yang tidak terdaftar atau ikut organisasi dibawah naungan KOSTI (Komunitas Sepeda Tua Indonesia).




Sepeda yang sangat mahal harganya di Indonesia bukan karena terbuat dari emas, intan, mutiara atau sebangsanya. Barang yang sudah kuno menjadi sangat langka justru di Indonesia menjadi daya tarik, makin langka maka semakin mahal karena di cari. Seperti itulah negara kita karena gudangnya museum dari berbagai hasil kebudayaan baik berwujud barang maupun seni.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiP6OJZ0DnmF72Yq2qFX3BiF9bFMjg-hgIA8DKRokmbXrwPxAhUhfc9R2kr2PAceY9LrQEuoDtd4Z6LWVWRoe7OUPb56ycRWgJnWDdkoeSXsKoXycPhpOFV4YfozHuUTfIMeQam_NfHKQZn/s1600/index.jpg
Pernah mendengar kalau harga sepeda onthel setara dengan mobil xenia? gila sepeda onthel apaan itu apa terbuat dari emas! Tidak juga, inilah sepeda Gazelle buatan Belanda yang dari keluaran pertama harga bisa sampai setara dengan mobil xenia

Sejarah singkat Sepeda Gazelle
Gazelle Perusahaan ini didirikan 1892 oleh Willem Kölling dan Rudolf Arentsen. Pada awalnya mereka menjual sepeda diimpor dari Inggris. Mereka mulai produksi sendiri menggunakan nama Gazelle pada tahun 1902. Setelah berpindah tangan beberapa kali, Gazelle kini dimiliki oleh Glide Buy Out Fund, sebuah dana ventura modal Belanda.
Selama periode dari tahun 1920 sampai 1940 itu, sepeda Gazelle telah sukses mengekspor ke Hindia Timur. Banyak sepeda Gazelle bertahan hidup di seluruh Indonesia bahkan hari ini dan sangat dicari Belanda (kolektor ). Selama periode ini, Gazelle menggunakan karakter kartun Piet Pelle.
Perkembangan termasuk pengiriman sepeda dilipat pada tahun 1930 dan sepeda tandem diperkenalkan pada tahun 1935. Sebuah sepeda listrik diproduksi pada tahun 1937 bersama-sama dengan Philips. Pada tahun 1954 Gazelle menjadi perusahaan publik dan membangun sepeda berjuta unit. Pada tahun 1959, Gazelle dipatenkan 3 Kecepatan sistem pegangan pertama gir.

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.