Sepeda
Low Rider (ceper) telah beredar bertahun-tahun, walau tak seorang pun
yang mengetahui kapan tepatnya sepeda Low Rider mulai beredar dijalan
Sepeda
Low Rider pertama kali di perkenalkan pada tahun 1960an, sepeda ini
pertama kali di perkenalkan oleh The “CUSTOM”
KING GEORGE BARRISs, sebelum menemukan sepeda low
rider si Tuan King ini pekerjaanya adalah menceperkan mobil, Memang
saat itu virus Mobil Low Rider sedang mewabah di kalangan anak muda
Amerika, Tetapi trend itu hanya bisa dirasakan oleh anak2 muda dari
keluarga kaya saja karena untuk membuat sebuah mobil low rider
membutuhkan uang yang tidak sedikit, sementara anak2 dari kalangan
bawah hanya bisa melongo.
Melihat situasi seperti itu si King mendapatkan ide dengan mencoba membangun sebuah sepeda yang mengacu pada kesan low rider, untuk eksperimen pertama kali si King menerapkan pada sepedanya. Mulailah si King ini memperkenalkan kreasinya dari situ bisdi tebak banyak anak2 dari keluarga yang kurang
mampu
beralih berkreasi membuat sepeda low rider.
Melihat
peluang trend sepeda LR yang mulai di gandrungi akhirnya pada tahun
1963 pabrik sepeda SCHWIIN
untuk
pertama kalinya mengeluarkan model revolusi baru “New Cruiser STING
RAY, model ini dibuat mengacu pada model motor model dragster yang
sedang ngetop pada
saat
itu.Karena model tersebut nyaman di kendarai begitu juga dengan
desainnya yg unik maka model tersebut menjadi booming dan digemari
oleh anak-anak muda.
Budaya
sepeda custom ini memang sudah ada sejak tahun 1958. Pada tahun itu,
sedang tren film "Wild One" yang dibintangi oleh Marlon
Brando. Isi filmnya menceritakan tentang bikers dengan memakai stang
tipe "apehanger", yaitu stang yang menjulang tinggi di
motornya. Kesan berandal seperti geng motor melekat padanya, tapi
menurut anak muda di zaman tersebut memakai stang "apehanger"
sangat keren. Jadilah mereka meng-custom stang sepeda tipe beach
cruiser-nya dengan stang-stang apehanger
MODEL
STINGRAY
Dikalangan
sekelompok anak muda di daerah selatan Los Angeles Chicanos sepeda
Low Rider banyak yang telah di modifikasi seperti framenya, fork di
buat spring fork trus dikasih tambahan spion dan yang paling extreme
adalah frame di buat lebih ceper / pendek lagi, tapi kebanyakan dari
mereka adalah memendekannya. Pabrikan sepeda Schwiin juga tidak mau
kalah terispirasi kaum latin yang suka blink-blink maka mereka
menambahkan lapisan krom pada sepeda buatannya seperti mobil-mobil low
rider.
0 comments:
Post a Comment