kuliner

Wisata Kuliner Grobogan

 
 
 Wisata Kuliner Grobogan 
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kabupaten Grobogan adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki luas wilayah terbesar ke dua setelah Cilacap. Sedangkan Kota Purwodadi adalah kecamatan yang berada di pusat Kabupaten Grobogan tersebut. Grobogan berada di tengah-tengah antara kabupaten lainnya, seperti Kudus, Pati, Blora, Sragen, Semarang dan Demak.


Selain memiliki banyak wilayah destinasi wisata, seperti Api Abadi Merapen, Bledug Kuwu dan Waduk Kedung Ombo, Grobogan juga memiliki kuliner khas kota Swike ini. Makanan Swike memang terbukti terkenal di kalangan masyarakat di Pulau Jawa, walaupun kebanyakan masyarakat menganggap bahwa Swike berbahan utama katak/kodok ini haram. Mari kita simak beberapa kuliner yang menjadi andalan Kabupaten Grobogan:


1. Swike



Bagi wisatawan yang mengunjungi daerah Jawa Tengah, khususnya di Semarang dan Demak, biasanya menyempatkan diri mengunjungi warung pinggir jalan yang menyediakan Swike. Di Grobogan terdapat banyak sekali warung makan ini, apalagi jika anda melewati jalur Tegowanu-Gubug, anda akan di suguhi rentetan warung Swike di pinggiran jalan. 

Kuliner melegenda sejak zaman nenek moyang ini berbahan dasar Katak hijau (Katak sawah) ini disajikan dalam beberapa menu, seperti Swike kuah merica pedas, Swike Bacem, Swike goreng, pepes telur Swike dan kerupuk kulit swike.
 
 
 
 
 
 


2. Nasi Jagung dan Sambel Gereh
Hasil gambar untuk 2. Nasi Jagung dan Sambel Gereh

Nasi Jagung memang menjadi kuliner khas Purwodadi Grobogan sejak zaman dahulu. Karena komoditi pertanian di wilayah Grobogan memang penghasil Jagung terbesar, jadi layak dijadikan bahan makanan setelah nasi. Pembuatan Nasi Jagung tidak asal memakai jagung biasa, namun jagung pilihan yang sudah tua (jagung pipil). 
Nasi Jagung biasanya tidak komplit jika hanya dimakan sendirian, masyarakat melengkapinya dengan lauk Sambel Gereh (ikan asin) yang digoreng. Gereh ini biasanya ditumis bersama potongan cabe merah/ cabe hijau supaya menambah kenikmatan saat menyantap Nasi Jagung.
 
 
 
 
 


3. Nasi Pecel



Nasi Pecel menjadi makanan favorit di Grobogan, walaupun pecel bukan hanya terdapat di Kabupaten Grobogan saja. Namun, perbedaan mendasar dari pecel khas Purwodadi terdapat pada bayam, kangkung, kacang panjang, kecambah yang disiram dengan sambal kacang. Nasi pecel bisa ditemukan di berbagai warung di Grobogan mulai dari Tegowanu sampai Wirosari, perbatasan Blora.
 
 
 
 
 

4. Sayur Becek




Sayur Becek menjadi andalan kuliner khas Grobogan yang sangat mudah untuk didapatkan. Di tiap-tiap daerah pinggiran jalan anda akan menemukan berjejeran. Menu yang dijajakkan di warung tersebut juga bermacam-macam, seperti Swike, Nasi Jagung dan Pecel. 

Kuliner Sayur Becek mempunyai bahan utama tulang iga sapi (balungan). Balungan dalam bahasa jawa artinya tulang iga sapi yang masih melekat daging, kemudian dimasak sayur dengan bumbu rempah-rempah kemudian
 ditambah daun kedondong, tak lupa ditambahi rasa pedas asem.
 
 
 
*TRIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI ARTIKEL SAYA*

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.