SUMATRA-KALIMANTAN

Teluk Kiluan

teluk kiluan2
Teluk Kiluan – Para Penelusur sekarang kita akan membahas tempat wisata yang ada di lampung yaitu teluk kiluan.Tempat wisata teluk kiluan adalah tempat wisata alam yang terletak di desa Kiluan Negeri, kecamatan Kelumbayan, kabupaten Tanggamus, provinsi Lampung. Jarak tempuh dari kota bandar lampung kurang lebih sekitar 80 kilometer atau 3-4 jam perjalanan.
Untuk mencapai Teluk Kiluan dari Jakarta dan sekitarnya yaitu para penelusur pertama – tama harus menyebrangi Selat Sunda dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakaheuni di Lampung. Para penelusur dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum menuju Pelabuhan Merak. Untuk menyeberang dari pelabuhan merak ke bakauheni para penelusur akan dikenakan biaya sekitar Rp 15.000/orang atau bila menggunakan mobil mini bus akan dikenakan biaya penyebrangan sekitar Rp 235.000/mobil. Waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni adalah selama 2 hingga 4 jam tergantung pada cuaca dan juga kapal yang para penelusur tumpangi.
Setelah sampai di Pelabuhan Bakaheuni, para penelusur bisa menuju Bandar Lampung dan juga ke Desa Kiluan ini. Perjalanan dari Bandar Lampung menuju Kiluan adalah kurang lebih sekitar 6 jam menggunakan kendaraan pribadi. Rute menuju Teluk Kiluan yaitu dari Bandar Lampung berjalan ke arah Padang cermin hingga menemui persimpangan masuk pangkalan TNI AL. Di persimpangan itu ambil jalur ke kiri menuju pangkalan AL/Bumi Marinir/Punduhpidada. Kemudian jalan terus hingga sampai Pasar Bawang, di persimpangan pasar itu ambil jalur ke kanan hingga menemui persimpangan terakhir. Pada persimpangan terakhir ini ambil arah kiri, di mana terdapat gapura menuju Teluk Kiluan.
Perjalanan menuju ke tempat wisata Teluk Kiluan saja sudah merupakan tantangan sendiri bagi para penelusur. Karena jalan darat di tempat ini belum terlalu mulus sehingga diperlukan ketrampilan dalam mengemudikan kendaraan bermotor untuk dapat melaluinya. Tapi jangan khawatir karena para penelusur tak akan bosan di perjalanan karena sepanjang perjalanan menuju pulau kilauan terdapat pemandangan alam yang sangat indah pastinya.
Ketika para penelusur memasuki pintu gerbang di Teluk Kiluan, para penelusur akan sekali lagi dihadapkan kembali dengan jalan terjal jadi para penelusur diharuskan melewati anak sungai saat berkendara. Para penelusur jangan kaget karena suasana di desa kiluan sangatlah kental dengan agama hindu dengan adanya pura dan rumah-rumah disekitar yang berornamen hindu. Tapi suasana di desa kiluan sangat asri dan nyaman. Sedangkan untuk menyeberang ke Teluk Kiluan para penelusur dapat menggunakan perahu/jukung dengan biaya sekitar Rp30.000 untuk pulang-pergi dari dan menuju pulau kiluan.Tetapi nanti ditinggal oleh operator jukung dan dijemput lagi sesuai jam yang sudah dijanjiin.
Waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang ke Teluk Kiluan kurang-lebih hanya memakan waktu 10-15 menit dari pelabuhan penyebrangan yang ada di Teluk Kiluan. Setelah sampai di Teluk Kiluan, para penelusur akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat mempesona. Walaupun Teluk Kiluan tidak begitu luas, namun memiliki pemandangan biorama sekitar yang sangatlah eksotis. Untuk menikmati keindahan Teluk Kiluan, para penelusur akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000/orang yang dibayarkan ke pengelola. Di tempat wisata pulau kilauan akan ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola pulau kiluan yaitu penginapan bila anda ingin menginap dengan biaya sekitar Rp 350.000/malam tanpa batasan jumlah orang.
Selain itu pengelola juga akan menawarkan jasa penyewaan alat snorkling dengan biaya sekitar Rp 25.000 dan juga jaket pelampung dengan biaya Rp 10.000.Wisata alam Teluk Kiluan sangat cocok sekali bagi para penelusur yang gemar berpetualang karena topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi. Di Teluk ini para penelusur juga dapat menjumpai kawanan lumba-lumba Karena setidaknya ada dua jenis lumba lumba di kawasan perairan ini yaitu lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang.
Selain itu para penelusur juga bisa bersnorkling menikmati terumbu karang disekitar pulau kiluan ini. Bila para penelusur ingin melihat lumba-lumba di alam bebas, maka para penelusur cukup datang ke Teluk Kiluan ini. Namun, untuk melihat atraksi lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung ini hanya bisa dilakukan di pagi hari yaitu mulai pukul 06.00 – 10.00. Para penelusur bisa menyewa jukung dengan harga sewa rata2 Rp. 250.000/3 orang. Dengan jukung, para penelusur dapat pergi ke tengah laut dengan estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 25 menit dari bibir pantai kiluan. Selamat berlibur para penelusur.
sumber : telusurindonesia
Uploader : Septian Nugroho

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.