SULAWESI-PAPUA

Nikmati Sejuknya Air Terjun Pinaras

 Air Terjun Pinaras

Mengunjungi Air Terjun Pinaras ini anda harus menempuh jarak 32 kilometer. Tepatnya air terjun ini terletak di kelurahan Pinaras yang termasuk dalam wilayah kota Tomohon. Di kota Tomohon memang banyak terdapat tempat wisata salah satunya adalah Air Terjun Pinaras ini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Air terjun ini memang belum begitu ramai di perbincangkan sebagai obyek wisata karena pemerintah saja pun mengabaikannya. Terbukti sampai sekarang memang belum ada campur tangan yang berarti dari pemerintah kota setempat. Beberapa fasilitas yang tersedia merupakan dana swadaya dari masyarakat setempat.

Meskipun begitu ketinggian air terjun dan kesunyiannya inilah yang memang menjadikan daya tarik tersendiri. Bagi yang ingin mengasingkan diri sejenak dari hiruk pikuk kesibukan kota, disinilah salah satu alternatif yang tepat. Berbeda dengan beberapa air terjun yang ada di Sulawesi Utara, di air terjun yang satu ini pengunjung dapat berenang karena air terjun ini memiliki kubangan atau tampungan air yang cukup besar sebelum airnya mengalir ke sungai dan juga tidak ada bebatuan besar disini mungkin dulu memang ada batuan besar seperti cerita asal mula nama pinaras ini tapi mungkin sudah hancur akibat derasnya air terjun (jadi ingat pepatah, sekeras-kerasnya batu ia dapat di hancurkan dengan kelembutan air, hehe).

Jadi asal mula nama pinaras konon ceritanya dulu ada batu besar di air terjun ini letaknya tepat dibawah ‘terjun-an’ air terjun, karena mengenai batu inilah akhirnya timbul percikan pancaran air ke bawah. Pancaran dalam bahasa setempat di sebut tumiperas dari kata itulah muncul nama pinaras, begitulah cerita turun temurun yang dipercaya masyarakat setempat. Menuju air terjun ini pengunjung tidak akan diminta tiket masuk karena pintu masuknya sendiri saja tidak ada.
Masuk dari jalanan utama (jalan rayanya desa pinaras) sudah terdengar suara gemericik air terjun yang menunjukan bahwa air terjun sudah dekat. Dengan berjalan kaki pengunjung yang ingin menikmati air terjun ini diharuskan melewati ratusan anak tangga, diharapkan berhati-hati sebab anak tangganya licin dan kurang terawat.

Tidak ada banyak penjual disini bahkan bisa dikatakan tidak ada penjual yang sengaja berjualan untuk menunggu wisatawan disini terlebih penjual oleh-oleh, jangan diharapkan. Penjual makanan yang ada pun berjualan memang untuk masyarakat sekitar tidak bertujuan mengambil keuntungan dari tempat wisata, hal ini mungkin dikarenakan belum terlalu ramainya Air Terjun Pinaras ini. Jadi untuk keramaian di air terjun ini belum dapat diperkirakan. Sedangkan untuk harga-harga yang ada hampir dipastikan akan selalu tetap.

Menuju tempat wisata Air Terjun Pinaras ini tidak ada yang perlu dipersiapkan khusus, yang perlu disiapkan hanya uang yang cukup banyak karena dipastikan belum ada ATM dan tempat pembayaran menggunakan kartu kredit/debet. Tidak perlu begitu banyak juga sebenarnya karena memang tidak banyak yang dapat dibeli disini. Persiapkanlah baju ganti juga makanan secukupnya sesuai dengan kebutuhan perut anda mengingat jarangnya penjual makanan yang ada.

Untuk mencapainya sebenarnya ada alat transportasi umum tapi intensitasnya tidak terlalu sering atau banyak (alias angkotnya jarang lewat, maklum masih pedesaan), jadi dari pusat kota Manado anda bisa menggunakan bus menuju terminal kota Tomohon biayanya sekitar Rp 10.000 untuk bus ini banyak tersedia dan sering bolak-balik jadi gampang ditemukan. Namun dari terminal Tomohon masih harus 1 kali lagi naik angkot menuju tempat tujuan utama, tidak terlalu jauh sih tidak sampai 10 kilometer bisa menggunakan angkot Rp 3.000 atau ojek Rp 5.000 (nego).

Transportasi dari Tomohon menuju Pinaras inilah yang jarang, jadi kalau ada uang lebih atau kendaraan pribadi atau pilihan lain, disarankan pergunakanlah itu. Tapi jangan khawatir semua bisa dinegosiasikan, bagi yang terpaksa mengunakan transportasi umum kan anda bisa berpesan pada supir angkotnya untuk kembali lagi sesuai kesepakatan anda.

Kalau anda menggunakan mobil sewaan seharga rata-rata Rp 250.000 atau kendaraan pribadi anda bisa menuju kota Tomohon terlebih dahulu dari kota Manado melalui jalan Manado – Tomohon kemudian saat menemukan pertigaan jalan menuju Tanawang belok kanan (dari Manado), intinya pilih jalan menuju Tanawang, tidak sampai 10 kilometer nanti anda akan menemukan Air Terjun Pinaras. Serunya hampir sampai di Air Terjun Pinaras anda akan melewati kuburan dan bagi yang kurang beruntung para pengguna jasa transportasi umum mungkin anda akan berjalan kaki saat melewatinya.

Namun jangan takut dan jangan berpikiran hal yang serem-serem. Perjalanan yang ditempuh asik juga kok, tumbuhan hijau masih sangat kental dan tempatnya memang masih sangat asri. Karena tidak ada pintu masuk anda hanya bisa menggunakan petunjuk-petunjuk yang ada. Di tempat yang ditunjukan nanti untuk memasukinya anda harus berjalan kaki melewati jalan setapak dan melewati ratusan anak tangga untuk turun menikmati air terjunnya. Hati-hati karena banyak lumut di sudut-sudut anak tangga yang anda turuni.

Sampailah anda di Air Terjun Pinaras. Sempatkanlah untuk berfoto-foto atau berjalan-jalan berkeliling menikmati air terjun ini. Dan ingat sebaiknya berkunjung ke air terjun ini saat pagi atau siang, hindari pulang saat gelap karena maklum masih desa jadi cukup kurang penerangan jalannya. Dan juga tidak ada penginapan disini jadi jangan sampai kehabisan angkot yah.

Sumber : wisatamanado.info

Uploader : Septian Nugroho

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.