wisata kuliner jawabarat

LUMPIA BASAH, JAJAN ENAK KHAS BANDUNG

www.jejakrasa.com
Lumpia bukan lagi makanan asing bagi orang Indonesia. Kita dapat membayangkan kulitnya yang kering sehingga menimbukan sensasi kriuk ketika memakannya ditambah beragam isian sayur serta daging yang gurih. Tapi Bandung memiliki image tersendiri mengenai lumpia, karena di sana penganan asal Semarang tersebut tidak disajikan kriuk dengan kulit kering.

Indonesia lebih mengenal terlebih dahulu lumpia Semarang dibandingkan dengan lumpia basah. Ciri khas dari lumpia semarang adalah kulit lumpia yang digoreng kering dan isiannya berupa rebung, telur, ayam, juga udang. Makanan ini biasa disajikan bersama saus tauco yang gurih dan pedas. Awalnya lumpia diperkenalkan kaum tionghoa yang merapat ke Nusantara. Dalam bahasa Mandarin disebut hokkien lunpia dan berasal dari Provinsi Fujian, Tiongkok. Kelezatan lumpia ini kemudian menyebar ke seluruh Nusantara hingga sampai pula di kota Bandung. Di sinilah lumpia kering kemudian mengalami modifikasi menjadi lumpia basah. Perbedaannya jelas terlihat pada kulit lumpia, karena di kota kembang kulitnya tidak digoreng dan disajikan mentah atau basah. Dari segi isi pun memiliki perbedaan, karena lumpia basah hanya terdiri dari tauge, manisan bengkoang, dan telur.

Rasa khas lumpia basah terletak pada bumbunya yang terdiri dari campuran bawang putih, bawang merah, serta lada putih. Setelah dihaluskan bumbu ini kemudian ditumis bersama telur orak-arik, tauge, manisan bengkoang, serta sambal. Manisan bengkoang terbuat dari potongan bengkoang yang direbus dengan gula merah hingga warnanya kecokelatan. Selesai ditumis, isian tersebut kemudian diletakkan di atas kulit lumpia yang sebelumnya sudah dilumuri aci atau tepung kanji.

Tepung kanji ini juga berwarna cokelat karena pengolahannya juga menggunakan gula merah. Meskipun ada bengkoang dan tepung kanji yang rasanya manis, tetapi tidak dominan. Rasa manis tersebut tertutupi oleh rasa asin dan gurih dari bawah putih. Setelah isi dituangkan kemudian kulit lumpia dilipat dan dibungkus menggunakan daun pisang. Pedagang lumpia basah Bandung selalu menyertakan sumpit bambu sebagai alat makannya.
Penjual lumpia basah di Bandung sangat mudah ditemui di tempat keramaian, seperti sekolah, kampus, juga pusat perbelanjaan. Pedagang yang terkenal lezat adalah yang biasa mangkal di depan Kampus ITB. Selain bumbunya pas, lumpia basah ITB ini juga memiliki varian isi seperti sosis, bakso, hingga kornet. Anda juga bisa menemui lumpia lezat di daerah Dipati Ukur, atau di depan Griya Buah Batu. Jajanan ala Bandung ini umumnya memiliki harga berkisar Rp. 7.000 – Rp. 10.000.

Selama di Bandung Anda dapat menginap di Jelita Parahyangan Hotel, Sukajadi Hotel, atau Beverly. Destinasi kuliner lezat lainnya adalah Hashtag Café & Resto, Nasi Goreng Mas Yono, dan Seblak Bandung.

uploader : Lidia

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.