Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki beragam suku dari tiap tiap daerah. Keragaman inilah yang membuat Indonesia unik dan kaya akan seni dan budaya yang menjadi potensi pariwisata yang sangat menjanjikan baik dari lokal maupun mancanegara. Dalam setahun pun ada banyak festival seni dan budaya yang diselenggarakan di masing – masing daerah yang ada Indonesia. Berikut ini mari kita ulas 10 Festival Seni dan Budaya yang akan diselenggarakan di Indonesia di tahun 2016 ini yang sangat sayang untuk anda lewatkan :

1.Pesta Budaya Asmat di Wamena, Papua


Pesta Budaya Asmat sudah diselenggarakan sejak tahun 1981. Banyak kegiatan yang menjadi agenda dari acara pesta budaya tahunan ini seperti lomba perahu, demo membuat ukiran, pelelangan patung dan juga pemilihan putra putri Asmat. Suku Asmat merupakan suku asli penduduk papua. Suku ini dikenal dengan keahliannya sebagai pembuat ukiran. Mereka ahli dalam menuangkan ekspresi dan imajinasi mereka ke dalam bentuk ukiran tanpa membuat sketsanya terlebih dahulu. Tak kalah menarik juga akan ditampilkan pertunjukan tarian dan musik khas suku Asmat. Bagi anda yang tertarik untuk menghadiri festival ini, biasanya festival ini diadakan setiap bulan Januari di Kabupaten Asmat, Papua.

2.Festival Perang Pasola di Sumba, Nusa Tenggara Timur


Pasola adalah sebuah tradisi yang berasal dari Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Pasola biasanya diselenggarakan untuk merayakan masa panen sekaligus untuk memulai masa tanam. Tradisi ini telah diwariskan secara turun temurun selama berpuluh puluh tahun. Perang Pasola ini biasanya dilakukan dengan cara beradu ketangkasan, yakni dengan menunggangi kuda sambil menyerang lawan dengan lembing. Tradisi ini mengharuskan adanya darah yang ditumpahkan dari para petarung. Menurut kepercayaan adat setempat, semakin banyak darah yang keluar saat pertarungan, maka hasil panen pun berlimpah. Festival Perang Pasola pada tahin ini akan diselenggarakan pada bulan Februari sekitar dari tanggal 2 hingga 29 februari 2016. Untuk Kabupaten Sumba Barat Daya, Pasola akan berlangsung di Homba Kalayo, Pasola Bando Kawango, Pasola Rara Winyo, Pasola Maliti Bondo (Ratenggaro), Pasola Waiha, dan Pasola Wainyapu, Kecamatan Kodi Blaghar. Sementara untuk Kabupaten Sumba Barat, Pasola akan berlangsung di Lamboya, Wanokaka dan Gaura.

3.Festival Gerhana Matahari di Poso, Sulawesi

Sulawesi pada tahun ini termasuk dari sekian daerah di Indonesia yang beruntung karena akan dilewati oleh lintasan Gerhana Matahari Total (GMT). Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), GMT yang diperkirakan akan terjadi pada 9 maret 2016 akan melewati Poso selama 2 menit 40 detik. Tidak hanya menyaksikan Gerhana Matahari saja, namun festival ini juga akan dimeriahkan oleh pertunjukan dari musisi dan seniman lokal maupun internasional. Jangan sampai anda melewatkan festival ini karena peristiwa langka ini belum tentu dapat anda saksikan kembali dalam 40 tahun ke depan. Selain di Poso, GMT juga akan melintas di Palu, Bengkulu, Palembang, Tidore, dan Bangka Belitung.

4.Festival Tidore di Maluku Utara


Festival Tidore adalah acara festival budaya yang diadakan di Maluku. Acara ini biasanya akan diawali dengan prosesi adat Dowari, kemudian akan ada ritual Soa Romtoha. Soa Romtoha adalah ritual pertemuan lima warga untuk mengantar air menggunakan rau yang diambil dari puncak Gunung Kie Matabu untuk dipersatukan dalam bambu. Di dalam festival ini pun juga akan banyak pertunjukan adat dari Tidore itu sendiri antara lain Lomba Kabate, Maku Tai (lomba memancing), Raib Taji Besi (atraksi debus, batu, dan jumbia), dan ritual Lufu Kesultanan Tidore. Di tahun 2016 ini, festival Tidore rencananya akan diselenggarakan di tanggal 1 - 3 April.

5.Festival Danau Sentani di Papua


Danau Sentani adalah danau terbesar yang ada di Papua. Selain keindahannya, pulau ini juga unik karena ada 22 pulau yang terdapat di danau ini. Untuk menambah daya tarik wisatawan, diselenggarakanlah Festival Danau Sentani. Di festival ini, wisatawan akan disuguhkan berbagai atraksi budaya lokal, karya seni lokal, bazar kuliner khas Papua, pertunjukan musik dan tarian, dan banyak hal menarik lainnya. Jika anda ingin menikmati suasana keeksotisan Papua, jangan lewatkan Festival Danau Sentani yang akan diselenggarakan di Abepura pada 19 - 23 Juni mendatang.

6.Art Jog di Yogyakarta


Bagi anda pecinta pameran dan pasar seni rupa kontemporer jangan lewatkan festival berskala internasional yang digelar di Yogyakarta ini. Art Jog festival menghadirkan ratusan karya seni para seniman baik lokal maupun internasional yang bisa anda nikmati dan bawa pulang dengan membeli di pameran ini. Festival ini sendiri sudah diselenggarakan sejak tahun 2008 dan pada tahun ini, Art Jog akan diadakan pada tanggal 27 Mei hingga 27 Juni 2016 di Jogja National Museum atau ex Gedung Asri. Dengan mengusung tema yang berbeda – beda, membuat festival ini tetap menarik untuk didatangi setiap tahun.

7.Dieng Culture Festival di Wonosobo dan Banjarnegara


Festival ini diselenggarakan di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah. Di festival ini anda bisa menyaksikan berbagai pertunjukkan seni dan budaya dari penduduk lokal. Puncak acara yang paling ditunggu – tunggu oleh pengunjung adalah ruwat rambut gimbal yang diakhiri dengan pemotongan rambut anak – anak yang berambut gimbal di Dieng dan melarungkannya ke laut. Rambut gimbal ini mereka miliki secara alami sejak lahir. Konon katanya anak anak dengan rambut gimbal ini merupakan titisan Kyai Kolodete, yaitu leluhur yang mendiami Dieng di masa lampau. Dieng Culture Festival pada tahun ini akan diadakan pada tanggal 5 hingga 7 Agustus 2016, selain itu tidak hanya akan ada pertunjukan budaya lokal tetapi juga konser “Jazz atas awan” yang dihadiri banyak musisi Jazz dari lokal hingga internasional. Festival lampion dan kembang api juga akan turut menambah semarak acara ini.

8.Festival Lembah Baliem di Papua



Festival Lembah Baliem ini merupakan festival yang paling ditunggu tunggu bagi wisatawan mancanegara terutama bagi para fotografer yang rela berbondong bondong datang kemari hanya untuk menyaksikan festival ini. Keeksotisan dan kekhasan suku papua menjadi daya tarik bagi wisatawan di Festival baliem ini. Kita bisa menyaksikan adu kekuatan antar suku yaitu suku Dani, Lani dan Yali dalam simulasi perang antar suku dan pertunjukan tarian di festival ini. Festival Lembah Baliem sudah diadakan sejak tahun 1989 dan rutin diadakan setiap tahun biasanya pada bulan agustus selama 3 hari. Pada tahun ini Festival Lembah Baliem akan diadakan pada tanggal sekitar 11 – 13 Agustus 2016.

9.Karapan Sapi di Madura

Mendengar kata karapan sapi pasti anda sudah membayangkan para sapi sapi yang diadu kecepatannya bersama jokinya. Karapan sapi ini biasa diadakan pada bulan Agustus dan September setiap tahunnya di beberapa kota di Madura. Untuk pertandingan finalnya akan dilanjutkan sekitar bulan September atau Oktober di minggu akhir di eks Kota Karesidenan, Pamekasan untuk memperebutkan Piala Bergilir Gubernur.

10.Festival Danau Toba di Sumatera Utara


Danau Toba yang menjadi salah satu ikon pariwisata di tanah air ini pasti menyajikan festival yang tak kalah menarik dari daerah lain. Sejak tahun 1983 di Sumatera Utara sudah diadakan acara semacam pesta Danau Toba dan pada tahun 2013 diganti menjadi Festival Danau Toba, sejak itu setiap tahunnya pada bulan September, diadakanlah festival Danau Toba. Menampilkan beragam atraksi seni budaya dan wisata olahraga membuat acara ini sangat seru untuk dilewatkan. Pada tahun ini festival Danau Toba diperkirakan akan diselenggarakan pada bulan September.