wisata jawabarat

Curug Ciburial Si Induk Curug Leuwi Hejo

 Curug Ciburial Si Induk Curug Leuwi Hejo

MerahPutih Wisata - Bogor, Jawa Barat merupakan surganya bagi para pelancong yang ingin menikmati wisata curug atau air terjun. Tak heran, selain Kota Hujan, ada yang menyebut Bogor sebagai Kota Seribu Curug.
Salah satu curug yang terkenal dan sangat diminati pelancong di Bogor yaitu Curug Leuwi Hejo. Curug Leuwi Hejo sangat memikat karena memiliki kolam air terjun yang kehijau-hijauan sesuai kata "hejo" dalam bahasa Sunda yang berarti hijau.

Kali ini, kita akan berjalan ke bagian hulu lagi dari curug yang terletak di Desa Karang Tengah, Babakan Madang ini. Berjalan menuju perkampungan terdekat Cibeureum, lalu menyusuri jalan setapak dan treking sungai, sampailah di curug lain yaitu Curug Ciburial.iburial dalam bahasa Sunda berarti air yang keluar dari bawah. Seperi halnya air curug yang jatuh ke ketinggian, akan masuk ke kedalaman air di bawahnya lalu muncul kembali dalam bentuk gelombang. Curug Ciburial ini merupakan induk atau asal air yang mengali ke Curug Leuwi Hejo.

Tak terbayang bukan, bagaimana alaminya Curug Ciburial. Curug Leuwi Hejo saja sudah banyak yang memuji kealamian airnya, apalagi ada curug lain yang lebih ke hulu dan memang agak sulit untuk dijangkau. Selain itu, Curug Ciburial ini tidak terlalu banyak pelancong.

Perjalanan trekking ke Curug Ciburial memang membutuhkan tenaga. Jalanan licin dan harus mau berbasah ria menyusuri sungai adalah syarat untuk menikmati keindahan Curug Ciburial. Ketika sampai, rasa lelah Anda akan dibayar langsung bahkan sebelum menikmati dinginnya air Curug Ciburial. Lihat saja di media sosial, Instagram misalnya, para pelancong terlihat sumringah dengan pose-pose indah berlatar Curug Ciburial dan kealamian kawasan sekitarnya.

Trekking ke Curug Ciburial dengan menyusuri sungai tergolong aman. Penduduk atau pengelola sudah memberikan kemudahan dengan menyediakan alat bantu tali di beberapa lokasi yang sulit dilewati. Namun bagi petualang sejati, keindahan alam bukan saja di tempat tujuan, setiap langkah perjalanan merupakan tempat wisata yang tak henti-hentinya menimbulkan decak kagum.

Curug Ciburial merupakan keindahan alam dengan dua air terjun saling berdekatan. Satu air terjun lebih tinggi dari yang satunya. Bagian bawah keduanya membentuk kolam penampungan yang merupakan tempat berenang atau hanya bermain air sekadarnya. Berada di Curug Ciburial merupakan keistimewaan tersendiri bagi pelancong. Batu-batu di sekitar curug juga sebagai tempat memandang lepas ke arah air yang tak henti-hentinya bergemuruh.
 
Sumber :indonesiana.merahputih.com

Uploader:Eva

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.