kuliner

Wisata Kuliner Magelang


 Wisata Kuliner Magelang


 

 

 

 

 

 

 

 

Magelang tak hanya punya Candi Borobudur. Magelang juga punya kuliner yang enak-enak lho, Selain enak, kuliner di Magelang pun terkenal murah meriah. Berikut 8 kuliner khas Magelang yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berada di Magelang:

 

1. Mangut Ikan Beong




Mangut adalah masakan berkuah santan (semacam gulai) dengan bahan utama ikan dan citarasa gurih, asam, dan pedas. Nah, salah satu kuliner khas Magelang yang wajib dicoba adalah mangut ikan beong. Sebagian besar orang masih asing dengan ikan beong ini. Ikan beong ini memang hanya dapat ditemukan di aliran Sungai Progo. Ikan beong ini memiliki sungut seperti ikan lele, namun dagingnya lebih tebal dan durinya lebih sedikit. Mangut ikan beong ini rasanya sangat lezat dengan citarasa pedas membakar.



2. Kupat Tahu Magelang




Salah satu kuliner khas Magelang yang cukup dikenal di mana-mana adalah kupat tahunya. Bahan dasarnya masih sama seperti kupat tahu bandung, yaitu ketupat dan tahu. Kupat tahu magelang memiliki perbedaan pada bumbu dan pelengkapnya. Kupat tahu magelang menggunakan bahan pelengkap irisan kol dan bakwan. Ketupat, tahu, dan pelengkapnya ini lalu disiram dengan kuah khas yang terbuat dari kecap, rempah-rempah, seledri, telur, tauge, dan kacang goreng. Rasanya… mantap!



3. Sop Senerek




Dari namanya, kita pastinya sudah dapat menduga bahwa kuliner khas Magelang yang satu ini adalah hasil warisan kuliner Belanda. Sop senerek ini berasal dari kata “snert” yang artinya kacang polong. Namun orang Magelang menyebutnya “senerek” dan sop senerek ini dibuat dengan bahan dasar kacang merah. Sop senerek ini mirip-mirip dengan brenebon/bruineboone di Manado. Kacang merah dalam sop senerek ini disajikan bersama daging sapi, wortel, dengan kuah kaldu yang diberi rempah-rempah seperti cengkih, pala, dan merica.



4. Sego Ghodog




Sego artinya nasi. Maka, tentu kita sudah dapat menebak. Sego ghodog adalah kuliner khas Magelang berupa nasi putih yang dighodog atau direbus bersama dengan sayur-sayuran, ayam suwir, dan diberi berbagai bumbu. Selain sego ghodog, ada juga mie ghodog. Mie ghodog magelang ini ya mirip-mirip dengan bakmi jawa kuah. Kadang, ada juga penjual yang memadukan sego godhog dengan mie ghodog. Jadi, sego ghodognya dicampur mie coba. Patut dicoba kalau Klikers lagi liburan di Magelang!



5. Getuk Trio




Getuk merupakan makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ubi kayu dan gula. Getuk yang terkenal di Magelang adalah getuk trio. Dinamakan getuk trio karena getuk ini memiliki bentuk yang terbagi menjadi tiga bagian. Setiap bagiannya memiliki warna yang berbeda. Ada cukup banyak merk getuk trio di Magelang. Getuk trio dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga rata-rata hanya bertahan selama 7-10 hari.



6. Wedang Kacang Kebon




Wedang kacang merupakan kuliner khas Magelang yang terbuat dari campuran kacang tanah, gula merah, gula pasir, dan ketan. Wedang kacang di Magelang dapat ditemukan di sebuah warung di Jalan Panjang. Namanya Wedang Kacang Kebon. Warung ini hanya menggunakan kacang asli dari Borobodur. Kacangnya direbus hingga begitu empuk, gurih, dan berwarna merah pupus. Wedang kacang ini, selain nikmat untuk disantap di hawa Magelang yang sejuk, juga menyehatkan karena tidak menggunakan kuah santan sehingga bebas kolesterol. Selain wedang kacang, warung ini juga menjual menu sate pisang dan tahu jumbo.



7. Es Murni




Es Murni adalah restoran es di Magelang yang sudah berdiri sejak tahun 1962. Es Murni saat ini sudah memiliki beberapa cabang, namun pusatnya berada di Jl Sriwijaya No 28, Magelang. Menu favorit di Es Murni adalah es teler. Menu lainnya yang bisa dipilih adalah es doger, es burjo, es campur ayu, dan juga es durian. Menu es di sini dibuat dengan gula murni dan bukan pemanis buatan, maka tak perlu khawatir akan kualitasnya. Restoran Es Murni ini juga menyediakan berbagai menu makanan khas Indonesia, seperti gado-gado, bistik galantine, sop iga sapi, dan lain-lain.



8. Toko Roti Mahkota




Toko Roti Mahkota adalah sebuah toko kecil di daerah Poncol, Magelang, tepatnya di Jl Ahmad Yani No 41. Konon, toko ini sudah berdiri sejak tahun 1945. Toko Roti Mahkota ini menjual aneka macam roti, kaastengels, lapis mandarin, dan juga es krim. Lapis mandarin adalah salah satu produk andalan Toko Roti Mahkota yang sudah terkenal. Kalau Anda datang ke Toko Roti Mahkota, jangan lupa untuk mencicipi es krimnya. Es krim Toko Roti Mahkota ini juga sudah terkenal akan kelezatannya. Es krimnya memiliki rasa legit dan dibuat tanpa menggunakan pengawet ataupun pemanis buatan.


*TRIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI ARTIKEL SAYA*

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.