kuliner

Wisata Kuliner Madiun

Wisata Kuliner Madiun















Sama seperti kota-kota pada umumnya, pastinya memiliki tempat makan yang terkenal dan paling sering dikunjungi oleh para pendatang yang mungkin hanya sekedar lewat atau memang ingin mampir ke tempat makan tersebut.
Berikut daftar Menu makanan dan tempat makan nya di Madiun yang paling sering dikunjungi oleh pendatang.

1.Nasi Pecel

Sambal pecel memang sudah menjadi icon utama untuk kota Madiun. Padahal hampir setiap kota di Jawa Timur memiliki resep untuk membuat sambal pecel, tetapi tetap saja yang paling dikenal adalah sambal pecel Madiun.


Pecel di Madiun agak sedikit berbeda dengan pecel di daerah lain karena 2 elemen berikut, yaitu Kembang turi dan Lempeng. Jika di daerah lain biasanya menggunakan rempeyek untuk menjadi kerupuk. Nasi pecel Madiun juga biasanya dihidangkan diatas pincuk, yaitu piring yang terbuat dari daun pisang dan lebih sedapnya disantap dengan menggunakan tangan langsung.
Sebagai hidangan pelengkap, biasanya dalam satu porsi nasi pecel ditambahkan dengan jerohan (usus, babat atau paru-paru). Ada juga beberapa tempat makan nasi pecel yang menyediakan nasi rawon sebagai menu tambahan.
Tempat makan nasi pecel di Madiun yang paling terkenal terletak di Jalan Cokroaminoto. Yang paling terkenal ada di tempat makan Pecel Bu Wiryo dan Pecel Pojok. Ada juga yang menyebutkan Depot Nasi Pecel 99 cukup nikmat dan terkenal karena katanya Pak Presiden yang ke-6 pernah makan disana.




2.Tahu Telor


Jika kamu mampir ke kota Madiun, jangan lupa untuk mencoba tahu telor khas Madiun, orang sana biasanya menyebutnya dengan tahu panggung. Yang membuatnya terlihat tambah sedap adalah tahu telor itu dipadukan dengan bumbu kacang yang rasanya sangat pas dan ditambah dengan potongan lontong.
panganansemarang.wordpress.com
Restoran tersebut ada di Jalan Merbabu, Madiun. Pada awalnya tempat ini lebih dikenal dengan Depot Tahu Telor, pada akhirnya sekarang terkenal dengan merek “Depot Rasa Tunggal”.





3.Dawet Suronatan


Tempat ini terletak di jalan yang sama dengan Depot Tahu Telor. Mungkin jika kamu mendengar dawet, mungkin kamu akan terbayang kayak es cendol. Dawet Suronatan mempunyai keunikan tersendiri, yaitu disajikan dengan menggunakan mangkok yang kecil, gunanya agar orang yang beli minta tambah atau pesan lagi.
blognyakrismariana.wordpress.com
Komposisi Dawet Suronatan sendiri menggunakan ketan hitam, bubur sumsum dan tape sebagai campuran utamanya dan tentu saja cendo yang tidak boleh ketinggalan.Ada juga yang memesan dawet tanpa menggunakan tape karena mungkin tidak doyan.




4.Sate Ayam Ponorogo – Sate Ayam Ngepos


Yang satu ini memang bukan berasal dari Madiun, tetapi kota yang tepat bersebelahan dengan Madiun yaitu kota Ponorogo. Selain terkenal dengan Reog Ponorogonya, cita rasa sate ayam yang disajikan kota ini tidak kalah dengan Sate Ayam Madura.
web.radiomatrixfm.com
Jika kamu tertarik, kamu bisa mencarinya di kota Ponorogo dengan kata kunci Sate Ayam Ngepos. Disana tersedia berbagai macam menu seperti sate kulit, jerohan atau daging.




*TRIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI ARTIKEL SAYA*

About Unknown

1 comments:

Powered by Blogger.