kuliner

Wisata Kuliner Gorontalo

Wisata Kuliner Gorontalo


Hasil gambar untuk Ayam Iloni





















Tidak berbeda dengan provinsi Sulawesi Utara atau Sulut, Gorontalo juga menyimpan destinasi wisata elok yang tersebar pada berbagai tempat. Gunung, bukit, serta lautan dengan panorama luar biasa indah. Dari keindahan destinasi wisata tersebut berbanding lurus dengan ragam kuliner yang tidak kalah terkenal.


Jangan dulu mengaku pecinta berat makanan-makanan yang bercita rasa unik apabila belum menaklukkan menu-menu kuliner khas Gorontalo ini. Paduan antara cabai rawit, merica, serta kekayaan rempah-rempah di dalamnya dapat menciptakan suatu cita rasa yang berbeda dan juga sulit untuk dilupakan. Hingga sering menimbulkan kerinduan bagi mereka para wisatawan kuliner.




1.Wisata Kuliner Gorontalo Binte Biluhuta




Hasil gambar untuk 1.Wisata Kuliner Gorontalo Binte Biluhuta

Gorontalo tercatat sebagai daerah penghasil jagung. Kelebihan tersebutlah yang dimanfaatkan untuk membuat kuliner ini. Binte berarti jagung sedangkan biluhuta berarti disiram. Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia binte biluhuta adalah jagung yang disiram.


Melihat binte biluhuta ingatan kita akan melayang pada tinutuan ataupun bubur Manado. Karena memang keduanya mempunyai kemiripan sebagai makanan berkuah dengan pelengkap suwiran ikan cakalang serta sayur-sayuran. Bedanya tinutuan berbahan beras serta singkong, sedangkan binte biluhuta berbahan dasar jagung dan juga parutan kelapa, masyarakat Gorontalo serta Sulut lebih mengenal makanan segar berkuah ini sebagai Milu Siram.


Sama seperti bubur Manado, binte biluhuta juga sangat enak dimakan saat masih panas. Biji jagung manis ataupun jagung milu pulo yakni jagung putih ketan dicampur dengan parutan kelapa, udang, serta suwiran ikan cakalang lalu disiram kuah yang telah dibumbui rempah-rempah khas dari Gorontalo.


Biasanya juga ditambah dengan irisan daun bawang, kemangi, tomat, serta cabai. Membuat cita rasa segar semakin ‘nendang’ dengan perasan jeruk lemon suwanggi dan juga tambahan terong rebus. Segar, wangi, dan gurihnya binte biluhuta akan semakin nikmat disandingkan dengan pedasnya dabu-dabu.




2.Sate Tuna Khas Gorontalo




Hasil gambar untuk 2.Sate Tuna Khas Gorontalo

Siapa yang tidak suka dengan makanan sate?
Kuliner khas yang umumnya disajikan dengan cara dibakar serta ditusuk berderet-deret ini selalu menggugah selera makan kita. Masing-masing daerah punya cara tersendiri untuk mengolah menu yang satu ini. Biasanya daging yang disate merupakan kambing, ayam, serta sapi. Tetapi Gorontalo mempunyai sate unggulan yang berbeda.


Selain penghasil jagung, provinsi satu ini juga sangat dikenal kaya akan ikan tunanya. Tidak ingin hadir dengan menu biasa, ikan tuna dipotong-potong bentuk dadu serta ditusuk seperti sate. Disantap pada waktu sore ataupun malam hari di pantai dengan nasi panas mengepul dengan tambahan sambal roa yang super pedas, dijamin pasti akan jadi pengalaman tidak terlupakan.


Selain disate, ikan tuna juga sering disajikan dengan berbagai jenis masakan misalnya seperti masakan Jepang, sashimi. Maka jadilah, Sashimi Tuna dengan bumbu rempah-rempah yang khas Indonesia dengan cita rasa yang tidak tertandingi. Dengan kata lain, hanya ada di Gorontalo. Variasi tuna lainnya ialah tuna bumbu woku, dada tuna bakar, serta sup ikan tuna yang sangat enak dan segar.




3.Kuliner Khas Gorontalo Bilenthango

Hasil gambar untuk 3.Kuliner Khas Gorontalo Bilenthango







Masih berhubungan dengan ikan, menu yang satu ini juga tidak kalah menggoyang lidah. Ikan mujair disajikan dengan cara setengah digoreng serta dipanggang dengan cara memasak yang bisa dibilang cukup unik. Dan hasilnya benar-benar ikan dengan mempunyai cita rasa yang selalu mengingatkan kita kepada Gorontalo.


Ikan digoreng atau lebih tepatnya dipanggang, di atas daun pisang yang telah diolesi minyak pada penggorengan dengan menggunakan api kecil supaya ikan matang sampai ke dalam. Seperti halnya dengan kuliner lain, ikan mujair yang telah dibelah dua tersebut telah dibumbui aneka bumbu rempah. Supaya matang serta lebih meresap, bumbu dimasak dengan cara disiram dengan minyak panas sedikit demi sedikit.


Supaya lebih nikmat lagi lengkapilah ikan mujair dengan taburan irisan cabe, daun bawang, serta kemangi. Atau akan semakin lezat dengan tambahan dabu-dabu, sambal roa, dan juga pilitode lo poki-poki yakni terong santan serta terong bakar. Dijamin paduan rasa gurih, pedas, dan legitnya terong akan semakin menimbulkan hasrat ingin kembali lagi ke Gorontalo.




4.Makanan Khas Gorontalo Ayam Iloni



Hasil gambar untuk 4.Makanan Khas Gorontalo Ayam Iloni



Seperti halnya sate, ayam bakar juga sangat praktis dan gampang ditemui pada daerah mana pun di Nusantara ini. Tetapi ayam iloni hanya ada di Gorontalo. Yang membedakan ayam bakar atau lebih tepatnya ayam panggang Iloni dengan ayam bakar ataupun panggang lainnya ialah dari bumbunya.


Rempah-rempahnya seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, serta rempah khas Indonesia lainnya membuat cita rasa ayam ini sulit diungkapkan. Apalagi dengan sedikit tambahan rasa santan yang dapat menyempurnakan rasa. Cita rasa gurih serta pedas yang sangat khas.




5.Makanan Khas Gorontalo Ilabulo

Hasil gambar untuk 5.Makanan Khas Gorontalo Ilabulo


Tidak ingin memakan makanan yang berat tetapi mengenyangkan, maka ilabulo pantas anda coba. Makanan berbahan dasar sagu serta hati ayam yang dimasak dengan santan ini dapat menjadi cemilan saat santai. Bentuknya mengingatkan kita pada otak-otak. Tetapi tidak seperti otak-otak yang harus dicocol dengan sambal kacang untuk menambah cita rasa pedas, Ilabulo telah dilengkapi dengan rempah-rempah dengan cita rasa pedas.




6.Segar Dingin Khas Gorontalo Es Brenebon




Hasil gambar untuk Segar Dingin Khas Gorontalo Es Brenebon


Menikmati sajian es pada saat matahari siang sedang terik tentu akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika sajian es yang dinikmati telah dimodifikasi dengan tambahan beberapa macam bahan. Rasa yang dihasilkan juga pastilah sangat lezat.


Di Gorontalo terdapat sajian es yang tidak hanya mempunyai rasa yang lezat tetapi juga menyehatkan. Es kacang merah namanya atau masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan es brenebon. Es brenebon adalah sajian hidangan pembuka ataupun kudapan yang sangat nikmat saat dihidangkan siang hari.


Apalagi Gorontalo yang berada di tepi laut sangat dikenal dengan cuaca panas, membuat dahaga di tenggorokan lebih cepat datang. Menggunakan kacang tanah yang bewarna merah sebagai bahan utamanya, es brenebon mempunyai cita rasa manis serta segar.



Pemilihan kacang tanah bewarna merah ini selain menghasilkan rasa yang lebih manis juga dapat membuat es kacang merah menjadi lebih menarik pada saat disajikan bersama es serut. Selain es serut, bahan lainnya seperti sirup, dan susu kental manis menjadi bahan tambahan yang membuat rasa es brenebon menjadi lebih nikmat.



Rasa manis serta sehatnya kacang merah berpadu di dalam sebuah mangkuk kecil yang sangat menarik. Sebagai informasi saja jika kacang merah mengandung vitamin B, kalsium, fosfor, zat besi, serta protein. Ini artinya kacang merah mempunyai khasiat mencegah kolesterol, membantu proses pembekuan darah pada luka serta mencegah resiko diabetes.



Jika anda berkunjung ke Gorontalo, tidak ada salahnya mencicipi sajian kuliner yang segar ini. Selain dapat melepas dahaga, khasiat kacang merah juga sangat berguna untuk membantu menjaga kondisi tubuh anda.



 

7.Kuliner Gorontalo Sashimi Tuna

Hasil gambar untuk 7.Kuliner Gorontalo Sashimi Tuna






Sashimi memang bukan makanan khas dari Gorontalo, sebab sashimi merupakan makanan khas Jepang. Gorontalo adalah salah satu daerah penghasil ikan tuna di Indonesia. Ikan tuna yang dihasilkan dari laut sekitar Gorontalo dapat seberat 50 sampai 60 kg perekornya.


Pada beberapa warung seafood dekat pelabuhan Gorontalo sudah banyak yang menyediakan menu ini. Tetapi jangan harapkan kelengkapan makan sashimi misalnya kecap shoyu, wasabi ataupun cabai bubuk seperti yang sering kita temui di restoran Jepang di Jakarta.


Sashimi di Gorontalo disajikan hanya dengan sambal dabu-dabu, maka dari itu dapat memberikan cita rasa yang berbeda. Para penikmat sashimi wajib mencoba sashimi tuna campur dengan sambal dabu-dabu ini.


*TRIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI ARTIKEL SAYA*

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.