wisata indonesia

Teluk Kabui, Sisi Lain Raja Ampat yang Menawan



Kabarmaya.co.id – Teluk Kabui yang ada di Raja Ampat nyatanya masih jarang diketahui keberadaannya oleh wisatawan luas. Menjelajah kawasan ini di kala hujan pastinya akan memberikan pengalaman yang seru dan menegangkan.

Selama ini, wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat akan lebih memilih untuk mengunjungi kepulauan Wayag yang memang ikon dari Raja Ampat. Selain itu, wisatawan ini juga akan lebih tertarik dengan Gugusan Pulau Karang Piaynemo daripada menjelajah tempat lainnya. Padahal, selain dua tempat itu, ada teluk Kabui yang tak kalah eksotisnya.

Dari segi penampakan, sebenarnya Teluk Kabui hampir sama dengan apa yang bisa Anda lihat di dua tempat lainnya yaitu Piaynemo dan Wayag. Teluk ini memiliki suguhan utama berupa gugusan pulau karang yang berhias pepohonan hijau. Untuk perairannya, teluk ini memiliki gradasi warna yang indah, hijau-biru-biru muda.

Dikutip dari DetikTravel.com, untuk mencapai Teluk Kabui, diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Pelabuhan Pariwisata Waisai dengan menaiki speedboet.

Karena cuaca yang sulit diprediksi, maka Anda yang berkunjung ke sana harus siap dengan keadaan apapun. Misalnya yang awal perjalanan panas namun ditengah perjalanan tiba-tiba turun hujan deras. Namun hal ini sudah cukup sering terjadi, dan cuaca seperti ni masih aman untuk melanjutkan perjalanan, seperti kata salah seorang nahkoda kapal disana.

Karena diguyur hujan, ombakpun makin tinggi, dan tentu saja kapal akan terasa naik turun membelah ganasnya ombak di peraian Raja Ampat. Rasa takut mungkin akan menghinggapi Anda bila ada di situasi ini, namun pengalaman nahkoda asli Raja Ampat sepertinya memnag tak bisa dianggap remeh.

Tentu saja badan akan basah kuyup karena hujan dan hantaman ombak Raja Ampat, tapi ini merupakan pengalaman yang tak akan pernah Anda lupakan. Adrenalin Anda akan benar-benar terpacu disini.

Namun sesampainya di Teluk Kabui, pemandangan yang seharusnya hijau indah, agaknya harus sedikit muram karena mendung dan hujan deras yang mengguyurnya. Karena sang nahkoda tak ingin merasa wisatawan kecewa, maka ia mengarahkan kapal menujusebuah pulau yang hanya dihuni oleh satu keluarga nelayan saja. Pulau ini kerap menjadi tempat singgah wisatawan yang melancong hingga Teluk Kabui.

Divdalam pulau, Anda akan menemukan sebuah tangga yang bisa dinaiki menuju puncak bukit. Dari atas puncak inilah, wisatawan bisa melihat keeksotisan serta keindahan Teluk Kabui secara menyeluruh, sama seperti yang ada di Piaynemo atau Wayag.

Di pulau ini juga terdapat sebuah gua karang yang bisa Anda jadikan tempat berteduh atau bersantai sebelum selanjutnya meneruskan perjalanan untuk menaiki tangga menuju puncak bukit tadi.

Untuk bisa sampai ke puncak yang tingginya sekitar 50 meter tersebut, Anda hanya butuh waktu sekitar 10 menit menaiki anak tangga.



Uploader : Septian Nugroho

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.