SULAWESI-PAPUA

Surga Kecil Dari Pulau Samalona


Keindahan Pulau Samalona

AZWISATA.COM – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sebagai negara kepulauan, Indonesia tentu saja memiliki banyak pulau yang menawarkan keindahan dan eksotisme yang tinggi, sebut saja Pulau Samalona yang terletak di pesisirKota MakassarSulawesi Selatan. Pulau ini cukup terkenal khususnya di kawasan timur Indonesia apalagi kalau bukan karena keindahannya.

Untuk mengunjungi pulau ini sangatlah mudah, baik dari segi efisiensi waktu maupun biaya. Cukup dengan menyewa perahu motor pengunjung sudah bisa sampai ke pulau ini dalam waktu yang singkat yakni sekitar 30 menit perjalanan. Jarak pulau ini memang tergolong dekat dari Kota Makassar, yakni hanya sekitar 2 kilometer saja. Untuk mendapatkan perahu motor juga sangatlah mudah karena di dermaga Pantai Losari banyak disewakan. Selain untuk mengangkut penumpang yang hendak ke Pulau Samalona, perahu motor ini juga disewakan untuk mengangkut warga dan juga para pedagang mengingat dermaga Pantai Losari ini merupakan dermaga yang lalu lintasnya cukup sibuk di Kota Makassar.

Pembaca azwisata.com yang memiliki keinginan berkunjung ke pulau ini juga tak perlu mengkhawatirkan mengenai tarif sewa perahu motor karena harganya sangat terjangkau. Pengunjung memiliki dua opsi dalam penyewaan, yakni sewa pribadi artinya disewa secara keseluruhan sampai kunjungan selesai dan sewa umum yang artinya pengunjung menyewa bersama dengan penumpang yang lainnya sesuai dengan jadwal keberangkatan umum. Harganya pun bervariasi, meski harga yang paling mahal dipatok sekitar Rp 500.000,00.

Meski biaya yang dikeluarkan sangat terjangkau, namun keindahan yang ditawarkan Pulau Samalona bukanlah keindahan yang biasabiasa saja. Setelah perjalanan sekitar 30 menit dari dermaga, pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang memukau dan air laut yang cukup jernih. Bayangkan karena kejernihannya, keindahan terumbu karang cukup jelas dipandang mata dari atas perahu.

Sebenarnya, luas Pulau Samalona ini terbilang sempit yakni hanya sekitar 2 hektare dan diyakini menyusut dari tahun ke tahun karena pengaruh abrasi hebat disepanjang pesisir Makassar. Namun demikian, meski terbilang sempit pulau ini memiliki fasilitas penunjang wisata yang cukup memadai. Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan sebut saja kedai, kamar bilas, penginapan, jasa sewa alat-alat diving dan snorkeling lengkap dengan pemandunya.

Salah satu keindahan yang paling menonjol dari Pulau Samalona dalah keindahan bawah lautnya yang terkenal sampai ke mancanegara. Hal ini mendorong kunjungan wisatawan ke pulau ini meningkat signifikan dari tahun ke tahun. Selain itu, kita juga bisa berwisata kuliner karena di pulau ini ada beberapa kedai yang menyediakan olahan masakan khas daerah pesisir, seperti ikan dan kepiting.

Sebagai salah satu pulau eksotis yang dimiliki oleh Indonesia, sudah sepatutnya kita menjadikan Pulau Samalona sebagai destinasi wisata, dan turut ambil bagian dalam menjaga dan melestarikannya. Kalau bukan sekarang kapan lagi, dan kalau bukan kita siapa lagi. 

Nah, pembaca azwisata.com itulah gambaran sekilas tentang keindahan Pulau Samalona yang terdapat di Makassar, Sulawesi Selatan. Tertarik mencicipi keindahannya? Mulailah merancang rencana ke sana entah bersama keluarga ataupun teman, dijamin Anda tidak akan menyesal. Semoga berguna.

Sumber: azwisata.com

Uploader: Septian Nugroho

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.