jawa timur

Keindahan Kawah Gunung Ijen

Tempat Wisata Kawah Ijen, Gunung Wisata Kaldera di Indonesia

Azwisata.com, Tempat Wisata Kawah Ijen Gunung Wisata Kaldera di Indonesia – Kawah Ijen merupakan salah satu wisata pegunungan yang terletak di daerah Jawa Timur. Kawah yang merupakan kawah terbesar di dunia ini merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer baik di kalangan tourist lokal atau pun tourist manca negara. Keindahan kawah gunung yang sangat luar biasa disertai dengan letak lokasinya yang cukup menantang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi danau kawah gunung yang satu ini.

Objek Wisata

Sama seperti halnya wisata gunung atau pun kawah lainnya, di Kawah Ijen, Anda hanya bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di sekitarnya sembari mengabadikan momen – momen istimewa tersebut dengan perangkat kamera milik Anda. Selain itu, di objek wisata kawah ini, Anda juga bisa melihat aktivitas penambangan belerang secara langsung di lokasi penambangan.

Akses Lokasi

Gunung Ijen yang lebih dikenal dengan sebutan Kawah Ijen terletak di perbatasan tiga kabupaten besar yang ada di Provinsi Jawa Timur yaitu Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Situbondo.

Untuk bisa berada di Kawah Ijen, para pengunjung dapat menempuh dua akses jalur yaitu dari jalur utara dan jalur selatan. Untuk menempuh jalur utara, para pengunjung harus berangkat melalui Situbondo menuju ke daerah Sempol yang ada di Kabupaten Bondowoso melalui jalur Wonosari mengarah ke daerah Paltuding. Jarak yang harus ditempuh oleh pengunjung yang ingin melalui jalur utara adalah sekitar 93 km yaitu sekitar 2,5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.


Berbeda dengan jalur utara, para pengunjung yang ingin memasuki daerah wisata Kawah Ijen melalui jalur selatan dapat erangkat dari daerah Licin menuju ke daerah Paltuding, yang kemudian dilanjutkan dengan memanfaatkan kendaraan Jeep yang ada di daerah sekitar Paltuding. Jarak yang harus ditempuh oleh pengunjung untuk bisa menikmati Kawah Ijen dari jalur ini adalah sekitar 33 km dengan kondisi jalur yang cukup curam dan berkelok, yang dapat ditempuh selama 1,5 jam perjalanan.

Akomodasi dan Fasilitas

Bagi Anda yang ingin mengunjungi kawah Ijen, Anda hanya bisa menemukan fasilitas akomodasi penginapan (berupa home stay atau pun hotel) di darah Paltuding atau pun Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Bondowoso. Letak geografis Kawah Ijen yang ada di daerah pegunungan yang sangat curam membuat daerah sekitarnya tidak dapat dibangun fasilitas akomodasi sama sekali.

Berbeda dengan akomodasi penginapan, fasilitas transportasi menuju ke Kawah Ijen atau pun keluar dari Kawah Ijen tergolong cukup memadai. Anda dapat memanfaatkan fasilitas transportasi berupa bus yang ada di tiga kabupaten di atas untuk bisa sampai ke daerah Paltuding. Sedangkan dari daerah Paltuding menuju ke daerah wisata kawah Ijen, Anda dapat memanfaatkan fasilitas transportasi berupa Mobil Jeep dan kendaraan berat lainnya.

Sumber :azwisata.com
Uploader : Septian Nugroho

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.