kuliner

Wisata Kuliner Kediri


 Wisata Kuliner  Kediri





















Kediri sebuah kota kecil yang terletak di propinsi Jawa timur ini tidak hanya terkenal dengan wisata Gunung Kelud tersohor itu. Kamu juga bisa mencicipi sedapnya kuliner khas Kediri yang bisa membuat kamu betah berlama-lama tinggal di sini.  Kota yang juga sering disebut Parisnya Jawa Timur ini memang tidak sebesar kota Malang ataupun Surabaya namun untuk urusan makanan Kediri juga tidak bisa dinomorduakan. Bagi kamu yang masih pertama kali datang ke kota ini tak perlu bingung, berikut ulasan daftar wisata kuliner Kediri yang terkenal lezatnya.







 1.Tahu Takwa atau Tahu Kuning


Salah satu kuliner yang bisa kamu coba jika sedang berkunjung ke Kediri adalah tahu takwa atau tahu kuning. Tahu ini bukan sembarang tahu loh! Tahu takwa memang sangat berbeda dengan kebanyakan tahu yang dijual pada umumnya. Tahu takwa sudah terkenal seantero Kediri sebagai salah satu kuliner khasnya serta menjadi camilan wajib yang perlu dibeli ketika di Kediri. Tahu Takwa pertama diproduksi oleh perusahaan Bah Kacung.

Bah Kacung sendiri sudah menjual tahu ini sejak tahun 1912 dan sejak saat itu menjadi makanan favorit banyak orang. Tahu kakwa memiliki warna kuning dengan tekstur yang kenyal dan lembut. Bentuk tahu ini pipih dan kotak. Bila digoreng lapisan luarnya sangat renyah dan gurih serta tak terasa masam di lidah. Rasanya yang enak ternyata didapat dari cara pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan tangan.

Faktor utama yang mendorong pemilihan lokasi pembuatan tahu di Kediri, karena terdapat kesamaan karakteristik air dengan yang terdapat di Tiongkok. Putra Liem Ga Moy, Liem Djang Yen atau Bambang Suyendro mengungkapkan, “Proses pembuatan tahu ini tidak segampang membalikkan telapak tangan. Jenis air sangat berpengaruh terhadap hasil akhir.”






2. Sate Emprit





Setelah menikmati kuliner ringan pastinya kamu masih merasa lapar, bukan? Jika sudah memasuki waktu makan siang coba deh untuk mencicipi sate emprit. Kediri ternyata juga memiliki wisata kuliner yang unik berupa sate. Sate emprit menggunakan daging burung emprit yang banyak ditemukan di daerah persawahan. Burung Emprit sendiri merupakan hewan pengganggu yang bisa merusak tanaman petani.

Warga Kediri yang kreatif malah dengan sengaja mengolahnya menjadi salah satu hidangan nikmat. Dagingnya biasa dibakar layaknya sate kemudian disajikan dengan bumbu kacang plus irisan bawang yang menambah segar kudapan ini. Soal rasa tak perlu ditanya pastinya sedap dan menggugah selera. Harganya Rp12.000,- untuk sepuluh tusuk sate emprit ini.  Kuliner satu ini bisa kamu dapat  di Jl Wahidin, Gurah, Kabupaten Kediri.







3. Soto Ayam Depot Podjok


Add caption

Untuk kamu yang lebih gemar dengan masakan berkuah, jangan khawatir, sebab wisata kuliner Kediri juga punya soto kediri. Salah satu soto kediri yang sudah lama berdiri adalah Soto Ayam Depot Podjok dan selalu menggunakan resep turun temurun yang sudah terjamin rasanya. Tak heran bila pembeli soto ini mayoritas merupakan pembeli langganan sejak dulu.

Soto Kediri sendiri memiliki kuah yang lebih keruh ketimbang soto pada umumnya. Kuahnya pun lebih gurih dan isinya lebih lengkap. Tidak hanya suwiran ayam saja yang menjadi bahan utamanya namun juga bisa ditambahkan uritan maupun rempelo ati.  Soto yang berada di jalan Dhoho ini uniknya juga bisa disantap bersama tahu. Mungkin kamu bisa mencobanya dengan tahu takwa yang baru kamu beli untuk mendapatkan sensasi soto yang berbeda. Jangan lupa juga menambahkan perasan jeruk nipis agar rasanya semakin segar.







4.Nasi Pecel Tumpang Kediri




Bila tidak cukup kenyang jika hanya makan siang dengan soto kediri kamu bisa menambah daftar kuliner Kediri kamu dengan nasi pecel tumpang. Yup, nasi pecel memang menjadi salah satu makanan popular khususnya di daerah Jawa Timur. Nasi pecel biasa terdiri dari nasi putih hangat, sayuran yang direbus seperti  bunga turi atau bayam dan kecambah yang sering disebut dengan kulupan. Untuk nasi pecel di kota Kediri memiliki komposisi sedikit berbeda.

Nasi pecel tumpang namanya yang terdiri dari nasi putih dilengkapi kulupan, peyek dan tahu tempe yang disiram dengan sambal pecel. Tidak hanya sambal pecel saja namun juga ditambahkan dengan sambal tumpang. Sambal tumpang sendiri merupakan olahan sambal seperti cabai, garam, bawang dan bumbu lainnya yang dicampur dengan tempe busuk. Kamu juga bisa menambahkan telur puyuh rebus maupun rempelo ati sebagai lauk pendamping.

Kamu bisa mencoba nasi pecel tumpang ini di jalan Dhoho yang disajikan dengan menggunakan daun pisang (pincuk) sebagai piringnya. Hati-hati ya, jangan sampai ketagihan saking enaknya.







5.Ayam Lodho Kediri




Bagi beberapa orang masakan pedas memiliki kenikmatan tersendiri dan dapat menambah nafsu makan. Tidak heran jika kuliner bercita rasa pedas ini banyak disajikan di berbagai restoran untuk menarik banyak pelanggan. Kota Kediri juga memiliki makanan dengan rasa pedas yang bikin mata kamu terbelalak.

Ayamnya memiliki tekstur empuk dan bumbu meresap hingga setiap lapisan dagingnya. Soal level pedasnya bisa membuatmu yang tadinya mengantuk langsung terjaga. Tentunya kuliner satu ini sangat nikmat bila dimakan pada malam hari yang dingin dilengkapi dengan teh hangat sebagai penangkal pedas.

Jangan lupa mampir di Jl. Raya Ngasinan, Rejomulyo, Ngronggo, Kediri (arah selatan STAIN Kediri) dan hubungi saja nomer telepon 0354-671616.






6.Ayam Panggang Bangi Purwoasri Kediri





Seusai menikmati keindahan panorama Gunung Kelud, paling pas memang langsung mencoba wisata kuliner Kediri. Berjarak 30 kilometer dari alun-alun kota terdapat warung yang ramai dipenuhi pengunjung bernama Warung Ayam Panggang Bangi. Seperti namanya tempat ini memang terkenal dengan hidangan ayam panggang bangi yang menggoda. Warung yang satu ini terletak di kaki Gunung Kelud yang juga memiliki udara dan panorama khas pegunungan.

Ayam Panggang Bangi terbuat dari ayam kampung yang usianya masih 4 bulan. Dagingnya memiliki tekstur yang lembut dan bumbu yang nikmat. Jika telah memasuki akhir pekan banyak pelancong yang datang untuk mencicipi lezatnya ayam panggang Bangi ini. Kamu mungkin bisa menjadi salah satunya ?







 

7.  Sate Bekicot




Sebagian orang Indonesia mungkin menganggap makanan yang satu ini terlalu ekstrim. Namun tidak sedikit pula yang ketagihan akan rasanya. Kediri ternyata tidak hanya menghadirkan makanan berbahan dasar  biasa tetapi ada juga yang tidak biasa. Sate bekicot adalah kuliner yang terbuat dari daging hewan bekicot yang sering ditemukan di area persawahan maupun di tempat-tempat lembap.

Pusat pembuatan sate ini berada di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten, kota Kediri, tepatnya 10 kilometer dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul. Sate bekicot ini disajikan bersama bumbu kacang dan irisan bawang merah yang menyegarkan. Sate bekicot memiliki kontur yang kenyal dan  membuat badan terasa hangat setelah menyantapnya. Makanan satu ini bahkan tak kalah dengan escargot yang merupakan makanan khas Perancis.




*TRIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI ARTRIKEL SAYA* 

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.