wisata indonesia

Teluk Biru


Teluk Biru banyuwanggi

Teluk Biru, Surga Tersembunyi di Banyuwangi

Tabloidwisata.com – Teluk Biru Banyuwangi merupakan sebuah taman wisata laut yang memiliki keindahan air dan panorama dasar laut yang memukau. Suasana di teluk ini masih sangat alami, baik air laut maupun lokasi nya. Tak heran jika warna air laut nya sangat jernih, dan nama Teluk Biru sendiri dilatar-belakangi oleh kejernihan airnya yang nampak kebiru biruan.

Eksotisme Teluk Biru Banyuwangi

Belum banyak kalangan Traveller yang tahu akan keberadaan Surga tersembunyi di Banyuwangi ini. Padahal, apabila boleh dikata, Keeksotisan Teluk Biru sangat layak untuk disejajarkan dengan tempat tempat wisata populer lain nya seperti Teluk Ijo , Pulau Mera , maupun Kawah Ijen.
Wisata ini sangat pas untuk mereka yang suka dengan hobi menyelam, karena dengan menyelam ke dasar laut, para snorkeler dapat melihat cantik nya ekosistem laut dengan sangat jelas.



Kejernihan Air Teluk Biru
Ombak yang tenang dan terumbu karang yang cantik membuat wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan ingin berlama lama.
Aktivitas yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Teluk Biru antara lain;
  • Snorkeling
  • Diving
  • Berenang
  • Berlayar menggunakan perahu Kano (Berkano)
  • Ski Air
Jika anda suka berburu ikan, anda dapat membawa perlengkapan pancing maupun jaring dari rumah. Karena selain sebagai tempat wisata, Teluk Biru juga tempat berkumpulnya ikan ikan. Tidak sedikit para Nelayan yang berhasil membawa pulang banyak ikan dari Laut ini setiap harinya.

Sunrise Teluk Biru
Selain menikmati panorama di sekeliling teluk, setiap wisatawan yang berkunjung juga berkesempatan melihat indahnya Sunrise di kala fajar menjelang. Mengingat lokasi Teluk Biru yang sedikit jauh dan waktu tempuh yang cukup lama, wisatawan harus berangkat pukul 02.00 pagi agar bisa melihat sunrise ini. Jika berangkat siang hari, maka sesampainya di lokasi sudah tidak bisa melihat sunrise lagi karena matahari sudah beranjak ke atas.


Sunrise di Teluk Biru
Dulunya, wilayah Banyuwangi selatan kerap kali terjadi pengrusakan ekosistem laut, yaitu aktivitas para pencari ikan dengan menggunakan bom buatan. Hal ini sangat disayangkan oleh masyarakat Banyuwangi. Kabar baiknya, kini telah dibentuk sebuah komunitas bernama Gemuruh. Gemuruh singkatan dari “Gerakan Muncar Rumahku”, dimana anggota dari komunitas ini adalah pemuda pemudi yang sadar akan kelestarian alam.
Komunitas Gemuruh memiliki berbagai aktivitas yang patut untuk di apresiasi. Aktivitas yang umumnya dilakukan oleh komunitas ini antara lain;
  • Transplatasi Terumbu Karang
  • Penanaman Pohon Mangrove
  • Penambahan “Fish Apartment”.
  • Dan aktivitas sosial lain nya.
Aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, dan hal tersebut di maksudkan untuk melestarikan lingkungan dan menyelamatkan alam.

Lokasi Teluk Biru Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo
Teluk Biru Banyuwangi masih dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, terletak di balik semenanjung Sembulungan, tepatnya berada di Kec. Muncar, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.
Tips: Teluk Biru lebih dikenal dengan nama “Senggrong” oleh penduduk setempat. Jadi, apabila anda ingin bertanya kepada penduduk setempat jalan menuju lokasi, sebaiknya anda bertanya lokasi “Senggrong”, karena jika anda mengatakan Teluk Biru, tidak banyak penduduk setempat yang mengerti dengan nama tersebut.

Rute / Akses Menuju Teluk Biru

Saat ini belum terdapat transportasi umum yang beroperasi ke lokasi wisata. Satu satunya alternatif yang bisa dilakukan yaitu membawa kendaraan pribadi atau menggunakan Jasa Travel, dengan rute sebagai berikut:
Kab. Banyuwangi => Kec. Muncar => Teluk Biru
Selain itu, setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai ini harus menyewa sebuah perahu, mengingat belum adanya transportasi darat menuju Teluk Biru.
Biaya sewa perahu : Rp. 300.000 s/d Rp. 500.000
Note: Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu
Tips: Jika ingin berkunjung ke wisata ini, sebaiknya pada pagi/siang hari. Pada sore hari, ombak di pantai cukup besar, sehingga membuat para Nelayan tidak bisa mengantar ke lokasi teluk.
                  *TRIMAKSIH SUDAH MENGUNJINGI ARTIKEL SAYA*

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.