Festival Indonesia

Festival Palang Pintu, Merayakan HUT Jakarta dengan Pelestarian Budaya Betawi


    Festival Palang Pintu X resmi dibuka oleh Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor, Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri, serta Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Sylviana Murni di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (6/6). Ke depan, acara seperti ini diharapkan menjadi pusat pergelaran kesenian Betawi.

    JAKARTA, KOMPAS — Untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-488 DKI Jakarta, Festival Palang Pintu X digelar di Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan. Kegiatan ini menjadi acara rutin tahunan untuk pelestarian budaya Betawi.
Festival Palang Pintu X diselenggarakan selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu (6-7/6). Terdapat berbagai aktivitas, seperti gelar budaya Betawi, gelar budaya nasional, lomba palang pintu, karnaval budaya, festival band, festival tari kreasi, sepeda santai, bazar produk, peragaan busana, dan lomba mewarnai untuk anak.
Hadir dalam acara pembukaan festival tersebut Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Sylviana Murni, serta Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor.
Ketua Panitia Festival Palang Pintu X Darussalam Murtdho mengatakan, acara ini diselenggarakan atas kerja sama Sanggar Manggar Kelape dan masyarakat Kemang. "Tujuan kegiatan untuk melestarikan budaya Betawi," kata Darussalam di Kemang, Sabtu.


content

   Berbeda dengan tahun lalu yang menampilkan 1.500 pantun, tahun ini, lanjutnya, ada tiga kegiatan unggulan, yakni parade pakaian daur ulang, tari Nusantara, dan pemecahan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) untuk pemakaian cincin batu akik pandan wangi. Batu akik pandan wangi merupakan batu akik khas Betawi.
Sebagai wujud pelestarian budaya Betawi, Darussalam berharap pemerintah berkomitmen menjaga dan melestarikan budaya Betawi. Bentuk kepedulian moril dan materiil pemerintah menjadi penyemangat bagi generasi muda Betawi.
Lurah Bangka Dedih Suhada mengatakan, rangkaian acara akan dimulai dengan palang pintu dan bazar pada hari Sabtu. Kemudian, hari Minggu akan diisi dengan sepeda santai dan penyerahan cendera mata warga yang memakai cincin batu akik pandan wangi.


Suasana Festival Palang Pintu  X   di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (6/6).
 
FirjalSuasana Festival Palang Pintu X di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (6/6).
"Besok acara ini akan dihadiri Jaya Suprana dari Muri yang akan memberikan rekor pada Festival Palang Pintu Kemang," kata Dedih.
Dia menambahkan, 300 stan dihadirkan dengan berbagai jajanan dan makanan khas Betawi. Selain itu, dipamerkan juga sejumlah produk unggulan kerajinan tangan warga setempat. "Kami memperkenalkan kepada generasi muda agar mereka mengenal budaya Betawi," ujarnya.

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.