wisata indonesia

Padang Pariaman



Pariaman/Piaman merupakan daerah yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Piaman sendiri merupakan pengucapan pariman untuk daerah Pariaman yang sejak berlakunya peraturan Otonomi daerah pemerintahannya tingkat II terbagi ke daerah Pemerintahan Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.
Akses ke Pariaman sangat mudah karena berada persis berbatasan dengan ibu kota Sumbar yakni kota Padang, Bandara Internasional Minangkabau juga terletak di kabupaten padang pariaman.

Selain terkenal dengan tradisi Babali nya, Pariaman juga dikenal dengan tradisi Tabuik nya. Jika berkunjung ke Pariaman selain akan dimanjakan dengan kuliner sala lauak dan nasi sek dengan aneka laut sea food, pariaman juga memberikan alternatif pilihan wisata mulai dari wisata budaya, dan alam mulai dari pantai sampai wisata perbukitan yang saying jika dilewatkan jika berkunjung ke Pariaman. Berikut ini beberapa wisata yang bisa menjadi alternatif pilihan jika berkunjung ke Sumatera Barat

Penangkaran penyu terletak di kota pariaman dan tidak jauh dari pantai gandoriah yakni kelurahan Ampalu, Kec. Pariaman Selatan. Tempat ini bisa menjadi alternatif wisata edukasi terutama buat anak-anak dan pelajar, karena disini para pengunjung akan diajarkan bagaimana menjaga dan ikut melestarikan penyu.
Mulai dari penetasan, pembesaran sampai dengan pelepasan pengunjung akan melihat prosesnya ditempat ini. Sampai saat ini ada tiga penyu yang dilestarikan disini yaitu penyu Lekang, penyu Sisik, dan penyu Tukik. Semoga kedepannya lebih banyak lagi jenis penyu yang bisa dilestarikan untuk menjaga kehidupan penyu.

Air terjun ini merupakan destinasi wisata baru di Kabuapten Padang Pariaman yang juga terletak di Kecamatan Lubuak Aluang. Kalau ke sini, kamu harus berjalan sejauh kurang lebih 3 km dari pos karena letaknya berada dalam hutan dan hanya bisa diakses dengan berjalan kaki.
Kamu akan dimanjakan dengan air terjun yang mengaliri air dikolam diantara batuan dengan air yang jernih dan dingin. Selain itu sebenarnya banyak air terjun lainnya disekitar nyarai yang semuanya juga diakses dengan berjalan kaki seperti Air Terjun Babang, Air Terjun Belek, Air Terjun Talago air terjun yang bisa menjadi alternatif wisata dengan tracking dan menjelajah hutan.

Pantai Tiram terletak di kecamatan Ulakan Tapaki Kabupaten Padang Pariaman. Selain banyak menyediakan kuliner masakan Padang dengan sea food segarnya, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pantai melewati muara yang airnya tergantung pada pasang surut pantai, dengan jembatan.
Pantai ini satu jalur dengan Pantai Kata dan Pantai Gandoriah yang bisa ditempuh melewati jalur alternatif dari bandara dengan pemandangan pantai sepanjang perjalanan

Jika kamu tertarik dengan sejarah wisata komplek ini bisa dicoba selain mnenelusuri sejarah Syekh Burhanudin yang merupakan utusan kerajaan Samudra Pasai untuk menyiarkan islam di Sumatera Barat. Di sini kamu juga akan melihat cagar budaya Masjid Tua dan Masjid Syekh Burhanudin dengan keunikan aristektrurnya.
Jika kamu berkunjung pada musim liburan, kamu akan menjumpai tradisi basapa yakni tradisi ziarah ke komplek ini yang berasal dari daerah daerah di sumbar bahkan pelayat berasal dari Jambi dan Riau.

About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.