wisata indonesia

Danau Toba


Indonesia nampaknya harus berbangga hati dengan keberadaan Danau Toba di Sumatera Utara. Pasalnya, danau tersebut disebut sebagai danau yang terluas dan terdalam se-Asia Tenggar
Sebagai salah satu danau terluas di Indonesia, Danau Toba menawarkan pesona keindahannya yang patut untuk dikunjungi. Airnya yang biru dengan pemandangan sekeliling danau berupa perbukitan yang cantik tentu menggoda kita untuk selalu berkunjung disana. Saya sudah pernah  pernah merasakan keindahan Danau Toba. 

saya menyimpulkan bahwa Danau Toba merupakan destinasi wisata lengkap     dan patut dikunjungi.
Secara alamiah tentu tidak bisa dipungkiri betapa eloknya pemandangan danau Toba  dan perbukitan yang berdiri menjulang disekeliling danau
Belum lagi keindahan dan keunikan sebuah daratan yang terbentuk di tengah danau yang dikenal dengan Pulau Samosir.

Danau Toba merupakan salah satu dari sedikit danau di Indonesia yang memiliki pulau di tengah danau. Tentu saja keunikan berbanding lurus dengan kondisi Pulau Samosir tersebut.

Danau yang indah dan pulau yang ramah
Alam Pulau Samosir menyajikan keindahan yang terjaga dengan baik. Dengan perpaduan kearifan lokal, Pulau Samosir masih terasa alami dengan kesegaran udaranya yang sulit didapatkan di perkotaan. Berkunjung disana terlebih jika menginap, kita akan terbawa suasana kedamaian dan kesegaran yang membuat kita sulit untuk beranjak pergi. Memang terdengar terlalu klise.

Namun paket komplit Wisata Danau Toba plus Pulau Samosir tentu menjadi pembeda tersendiri dimana sangat disayangkan jika tidak berkunjung disana.
Bicara soal wisata, tentu saja kita tidak bisa mengesampingkan masyarakat yang tinggal di lokasi wisata. Masyarakat sekitar juga memiliki andil yang besar dalam membesarkan nama daerah wisata tersebut. 


Mayoritas masyarakat di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan suku batak yang memiliki ciri khas tersendiri. Dengan keramahannya, masyarakat di sana menyambut setiap wisatawan yang datang dengan tangan terbuka. Tentu saja itu menjadi nilai lebih bagi wisatawan yang datang berkunjung dengan Danau Toba.

Kehidupan masyarakat di Pulau Samosir yang dinamis dan tentram menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Masyarakat masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan sosial masyarakat batak. Wisatawan yang berkunjung di Pulau Samosir akan disuguhkan kehidupan masyarakat yang masih kental dengan nilai - nilai luhur nenek moyang mereka. 
PULAU SAMOSIR


Walaupun modernitas sudah merambah Pulau Samosir, tetapi masyarakat masih mempertahankan tradisi mereka diantaranya rumah adat yang masih banyak kita temui di Pulau Samosir. Masyarakat sekitar mengetahui bahwa dengan mempertahankan tradisi akan menjadi nilai positif dalam segala aspek terutama pariwisata.

Pulau Samosir menyajikan berbagai wisata edukasi dan sejarah yang sangat banyak. Disana kita bisa menyaksikan adat istiadat masyarakat batak toba yang unik. Kita juga dapat mengunjungi makam-makam keluarga kerajaan yang pernah berkuasa disana. Untuk kita yang penasaran dengan arsitektur rumah di daerah tersebut, kita bisa mengunjungi rumah adat masyarakat di Pulau Samosir yang dikenal dengan keramahannya. 

Belum lagi tradisi serta upacara-upacara adat yang sangat disayangkan bila dilewatkan begitu saja.
Sejak dari kecil, saya belajar mengenai legenda suatu daerah yang ada di Indonesia salah satunya adalah Legenda Danau Toba. Diceritakan bahwa ada seorang pemuda yang menikahi seorang gadis yang cantik jelita. Saat akan menikah, gadis itu memberi syarat supaya pemuda tersebut tidak menceritakan asal usulnya kepada orang lain kalau dirinya adalah penjelmaan dari ikan. Akhirnya mereka menikah dan dikarunia seorang anak yang tampan tetapi nakal.

Karena kenakalannya, sang ayah tanpa sengaja mengatakan kepada anaknya bahwa ia adalah keturunan dari ikan. Istrinya yang mengetahui tersebut lantas bersedih dan pergi ke sungai serta berubah menjadi ikan. Tiba - tiba air sungai meluap dan menggenangi daerah tersebut dan terbentuklah Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya.
Dari legenda menjadi penghancur dunia

Legenda tersebut sudah cukup terkenal di Indonesia. 


Meskipun begitu, kita juga penasaran dengan asal usul danau tersebut secara ilmiah. Dewasa ini kebanyakan masyarakat bahkan saya sendiri menganggap bahwa Danau Toba terbentuk akibat aktivitas tektonik di daerah tersebut. Tapi tahukah anda bahwa Danau Toba terbentuk akibat peristiwa maha dahsyat, mencengangkan, sekaligus mengerikan?
LETUSAN SUPER VULCANO 

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Danau Toba terbentuk akibat dari aktivitas vulkanik atau sebuah letusan super volcano dari sebuah gunung api purba. Letusan tersebut terjadi kurang lebih 70.000 tahun yang lalu dan terbagi menjadi tiga letusan. Letusan gunung api tersebut merupakan salah satu letusan gunung api terdahsyat dalam sejarah. Kita bisa membayangkan betapa dahsyatnya letusan tersebut hingga terbentuklah sebuah kaldera yang bernama Danau Toba. Walaupun masih banyak yang meragukan, letusan ini disinyalir sebagai penyebab menurunnya jumlah populasi manusia di dunia.
Tentu ada hikmah dibalik letusan tersebut. 



Saat ini kita memiliki anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan berupa Danau Toba. Dengan keindahan alam serta budaya dan keramahan masyarakat sekitar tentu menjadi aset berharga bagi pemerintah. Dengan pengembangan dan promosi yang intens, maka wisata komplit ini bisa menjadi sumber devisa bagi negara. Tentu saja infrastruktur dan fasilitas penunjang wisata harus ditingkatkan.
Saatnya berbenah untuk Toba yang lebih Indah.

                    *TRIMAKSIH SUDAH MENGUNJUNGI ARTIKEL SAYA*




About Unknown

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.