Regional Nglanggeran, dari Desa TKI Menjadi Desa Wisata



 
KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Batu-batu raksasa yang membentuk dinding khas di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, DI Yogyakarta.
 
GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Keberadaan desa wisata Nglanggeran dengan gunung api purbanya yang pada 19 September 2015 lalu ditetapkan UNESCO sebagai Kawasan Global Geopark Network, ternyata mampu mengubah mindset warganya.

Sebelumnya, sebagian besar warga di Nglanggeran memilih berangkat ke luar negeri menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Namun, seiring berkembangnya desa wisata Nglanggeran beberapa warga yang pernah menjadi TKI enggan berangkat kembali.

Mereka memilih bersama-sama membangun desa wisata Nglanggeran dengan membuka rumahnya sebagai home stay, membuka kuliner ataupun berternak kambing.

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nglanggeran, Sugeng Handoko menceritakan, dahulu berangkat ke luar negeri menjadi TKI sempat menjadi primadona di desanya. Sehingga mayoritas masyarakat mencari penghidupan dengan berangkat menjadi pekerja migran di negeri orang.

"Mayoritas masyarakat kami dulu menjadi TKI, ke Malaysia, ada yang ke Korea. Trennya itu berangkat, pulang, dan berangkat lagi," ucap Sugeng, Kamis (01/12/2016).

Sumber: regional.kompas.com

Uploader:Eva

1 comments:

Powered by Blogger.